Bagan patogenesis dan patofisiologi obesitas

Terdapat korelasi yang sangat baik antara IMT dan prosentase lemak tubuh, dimana prosentase lemak tubuh dapat diperhitungkan dengan menggunakan rumus: Penyakit Jantung Koroner Risiko penyakit jantung koroner pada individu obes meningkat terutama pada individu dengan distribusi lemak abdominal yang dominan dan yang memiliki berat badan berlebih mulai usia dewasa muda.

Akhir-akhir ini telah pula ditemukan sejenis virus yang menyertai terjadinya obesitas.

Misalnya banyak tugas rumah tangga yang harus diselesaikan, rutinitas sehari-hari yang membosankan ditambah lagi jika anak-anaknya bandel. Saat ini telah ditemukan 6 varian dari OB-R. Bentuk LDL pada penderita DM lebih padat dengan ukuran yang lebih kecil yang sering disebut Small Dense LDL, sehingga akan lebih mudah masuk kedalam lapisan pembuluh darah yang lebih dalam, ini akan lebih berbahaya karena lebih bersfat aterogenetik lebih mudah menempel pada pembuluh darah dan lebih mudah membentuk plak.

Tiap 9,3 kalori energi berlebih masuk ke dalam badan menimbulkan 1 gram lemak yang disimpan 2. Fungsi vaskuler tersebut tetap dalam kondisi baik pada anak yang rutin mengikuti program olahraga dibandingkan dengan anak yang berhenti berolahraga. Kegemukan, aktivitas fisik yang kurang, masukan garam berlebihan akan menunjang terjadinya hipertensi.

Di dalam usus halus asam lemak bebas akan diubah lagi menjadi trigliserida, sedang kolesterol akan mengalami esterfikasi menjadi kolesterol ester dan keduanya bersama fosfolipid dan apoliprotein yang dikenal dengan kilomikron.

HIPERTENSI DAN OBESITAS PADA ANAK Bagian Ilmu Kesehatan ...

Jaringan lemak coklat mempunyai peranan dalam thermogenesis adaptif, dimana kapasitas thermogeniknya mungkin terjadi melalui ekspresi dari uncoupled protein-1 UCP-1 yang melakukan fosforilasi oksidatif dari transpor elektron melalui rantai respirasi mitokondria.

Hormon yang merangsang nafsu makan dikenal dengan nama ghrelin, yang merupakan suatu ligand bagi reseptor GH secretagogue dan disintesis didalam gaster.

Pasien biasanya disertai rasa mengantuk pada siang hari. Program 12 penyuluhan yang efektif ditujukan kepada keluarga dan penderita hipertensi dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai macam penyebab dan akibat hipertensi, meningkatkan pengetahuan tentang cara pencegahan dan pengobatan.

Risiko hipertensi juga meningkat dengan penambahan BB.

Pemberian ghrelin jangka panjang meningkatkan asupan makan disamping menurunkan pengeluaran energi, dengan akibat meningkatkan berat badan dan risiko terjadinya obesitas. Leptin ditransportasikan pada saraf pusat dan berikatan pada reseptor yang terdapat di endotel vaskuler dan epitel pleksus koroideus.

Pada umumnya tekanan darah meningkat bersama dengan meningkatnya umur. Pada tahunWHO mengajukan klasifikasi BB berlebih dan obesitas pada orang dewasa untuk populasi orang Barat, sebagai berikut: Vitamin C terdapat pada sayuran kol, brokoli, kembang kol, tomat, cabe dan buah-buahan segar jambu monyet, jambu biji, pepaya, jeruk.

Gejala stroke ringan: Pemantauan tekanan darah dan pengaturan gaya hidup tetap dilakukan karena penyakit tersebut dapat terjadi lagi. Data dari berbagai studi genetik menunjukkan adanya beberapa alel yang menunjukkan predisposisi untuk menimbulkan obesitas.

Peningkatan aktivitas saraf simpatis berperan penting dalam terjadinya hipertensi pada obesitas. Sistem saraf simpatis dapat merangsang vasokonstriksi arteriol dan dilatasi arteriol.PATOFISIOLOGI OBESITAS Secara umum obesitas dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kalori, yangdiakibatkan asupan energy yang jauh melebihi kebutuhan tubuh.

Salah satu sifat Minyak dan lemak berperan sangat penting dalam gizi kita terutama karena merupakan sumber energi, cita rasa, serta sumber vitamin A, D, E, dan K. Manusia dapat digolongkan mahluk omnivora, artinya makanannya terdiri dari bahan hewani maupun nabati, karena itu dapat menerima minyak dan lemak dari berbagai sumber maupun tanaman.

Minyak merupakan jenis makanan yang. · Hal ini dimungkinkan karena pada saat ibu yang obesitas sedang hamil maka u nsur sel lemak yang berjumlah besar dan melebihi ukuran normal, secara otomatis akan diturunkan kepada sang bayi selama dalam kandungan.

• Obesitas, gaya hidup, stres, merokok, dan alkohol atau garam dalam makanan berlebihan semua bisa memainkan peranan terjadinya tekanan darah tinggi pada orang yang memiliki keturunan hipertensi.

Continue reading →. terinfeksi TB dan 10% diantaranya ( orang) akan menjadi sakit TB setiap tahun. Sekitar 50 diantaranya adalah pasien TB BTA positif.

o Faktor yang mempengaruhi kemungkinan seseorang menjadi pasien TB adalah daya tahan tubuh yang rendah, diantaranya infeksi. Patogenesis penyakit menyatakan perkembangan, kelangsungan atau evolusi penyakit.

Patogenesisnya mencakup bagaimana mekanisme terjadinya penyakit, serta mekanisme timbulnya kelainan-kelainan akibat penyakit fauguet-cousinard.com: Yusuf Wibisono.

Bagan patogenesis dan patofisiologi obesitas
Rated 5/5 based on 77 review