Peta konsep metabolisme

Hal tersebut dapat terjadi disebabkan tubuh memiliki mekanisme untuk mengubah berbagai senyawai. Sel yang mengandung kloroplas terdapat pada mesofil daun tanaman yang disebut palisade atau jaringan tiang dan sel-sel jaringan bunga karang yang disebut spons.

Satu enzim hanya bisa melakukan reaksi terhadap satu macam substrat saja. Irisan Melintang Ginjal Struktur Nefron Telah dikemukakan di atas bahwa cara kerja ginjal sebagai alat ekskresi adalah dengan menyaring darah sehingga zat-zat sisa peta konsep metabolisme terdapat di dalam darah dapat dikeluarkan dalam bentuk air seni urin.

Tumbuhan bisa melakukan respirasi aerob dan anaerob.

Peta konsep Organ Manusia

Sel sebagai satuan fungsional dan struktural terkecil dalam tubuh makhluk hidup, dapat diibaratkan sebagai suatu mesin kimia. Peta konsep metabolisme tanduk stratum korneum berada pada bagian yang paling luar.

Respirasi sel dapat terjadi dengan adanya oksigen aerob dan tanpa oksigen anaerob. Nefrosis lebih umum terjadi pada anak-anak, namun bisa terjadi pada semua usia. Pada waktu kita merasa takut atau geli, otot rambut berkontraksi sehingga rambut menjadi tegak.

Proses ini disebut fosforilasi fotosintesis atau fotofosforilasi. Indikator 1. Meskipun energi yang dihasilkannya jauh lebih kecil daripada respirasi aerob, jumlah ini cukup bagi mikroorganisme dan energi awal bagi hewan.

Penyaringan Filtrasi Darah yang banyak mengandung zat sisa metabolisme masuk ke dalam ginjal melalui pembuluh arteri ginjal arteri renalis.

Dalam proses respirasi sel, pemecahan materi organik berlangsung secara bertahap. Proses sintesis karbohidrat dari bahan-bahan anorganik CO2 dan H2O pada tumbuhan berpigmen dengan bantuan energi cahaya matahari disebut fotosintesis dengan persamaan reaksi kimia berikut ini.

Klorofil a mampu menyerap cahaya merah dan biru keunguan. Pada pernapasan ini, pembebasan energi menggunakan oksigen bebas dari udara. Reaksi gelap reaksi tidak tergantung cahaya Disebut juga siklus Calvin-Benson.

Bilirubinaria menunjukkan adanya penguraian hemoglobin dalam darah merah yang berlebihan atau adanya ketidakfungsian hati atau kerusakan empedu. Beberapa macam proses anabolisme yang terjadi pada mahluk hidup diantaranya: Misalnya bakteri belerang Begiota, Thiotrixbakteri nitrit Nitrosomonasbakteri nitrat Nitrosobacterdan bakteri besi Cladotrix.

Albino bule Albino terjadi karena tidak adanya pigmen melanin pada lapisan granulosum. Proses metabolisme dibedakan menjadi dua jenis yakni katabolisme dan anabolisme. Pengeluaran air melalui urin ada hubungannya dengan pengeluaran air melalui keringat pada kulit. Hal ini dimungkinkan karena perbandingan C: Reaksi anabolisme menghasilkan senyawa-senyawa yang sangat dibutuhkan oleh banyak organisme, baik organisme produsen tumbuhan maupun organisme konsumen hewan, manusia.

Kelainan ginjal ini umumnya dirurunkan. Dalam peristiwa ini, molekul CO2 dan air diubah menjadi karbohidrat dan oksigen dengan bantuan klorofil dan energi matahari.

Enzim bersifat spesifik. Organisme dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan sumber karbon autotrof dan heterotrofsumber donor elektron organotrof dan litotrofdan sumber energinya fototrof dan kemotrof. Bakteri Nitrosomonas dan Nitrococcus memperoleh energi dengan cara mengoksidasi NH3 yang telah membentuk senyawa amonium, yaitu amonium karbonat menjadi asam nitrit, dengan reaksi: Proses perubahan zat makanan menjadi energi yang siap digunakan, harus melalui suatu rangkaian reaksi kimia yang tidak sederhana.

Tumbuhan yang reaksi gelapnya mengikuti jalur Hatch-Slack disebut tumbuhan C-4 karena senyawa yang terbentuk setelah penambatan CO2 adalah oksaloasetat yang memiliki empat atom karbon. Organ ini terdiri atas tiga lapisan, yaitu: Hati Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh dan terletak di dalam rongga perut sebelah kanan di bawah diafragma.

Bila lapisan ini tidak mengandung pigmen kulit, orang tersebut dikenal sebagai orang albino. Paru-paru Selain sebagai alat pernapasan paru-paru juga berungsi sebagai alat pengeluaran.

Lapisan ini terdiri atas sel bergranula yang lama-kelamaan akan mati dan kemudian terdorong ke atas menjadi bagian lapisan tanduk.bab i. peta konsep sel.

Peta Konsep - maretbio01cs.weebly.com

1 bab ii. peta konsep jaringan. 2 bab iii. peta konsep sistem pencernaan.

peta konsep biologi

3 bab iv. peta konsep sistem respirasi. Konsep yang perlu diperhatikan dalam mempelajari metabolisme sel adalah dengan mempelajari konsep-konsep berikut: bahwa dalam metabolisme membutuhkan enzim untuk menjalankan proses metabolisme di dalam sel.

Peta Konsep Sistem Ekskresi Proses metabolisme tubuh meiputi proses menghasilakan energi dan zat yang berguna bagi tubuh.

Dalam proses metabolisme. Bab 3 Materi Genetik 41 Bab 3 Materi Genetik Peta Konsep Fungsi gen dan alel Pengertian gen dan alel Materi genetik Gen dan alel RNA DNA DNA dan RNA Jumlah kromosom. · Ainul Mardiyah Rahmah () Maysaroh Ritonga () Ayunda Pratiwi ()Author: Ainul Rahmah. metabolisme pada organisme mempelajari bab ini, mari ikuti uraiannya.

Pengertian Metabolisme A Makhluk multiseluler, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan tersusun atas jutaan sel. Tiap sel memiliki fungsi tertentu untuk kelangsungan hidup suatu organisme. Untuk menjalankan fungsinya, sel melakukan proses metabolisme.

Peta konsep metabolisme
Rated 3/5 based on 83 review