Rahyang greeneration diet kantong plastik

Peminimalisiran sampah plastic dapat kita lakukan seperti halnya tidak mengunakan kantong plastic saat berbelanja. Seperti yang utarakan pada salah satu blog yang bernama rumah plastic. Tetapi mengapa harus berdiet kantung plastik?

Menindaklanjuti program pemerintah pembatasan penggunaan kantong plastik, Hypermart Cirebon menggelar promo untuk mendorong masyarakat membeli tas belanja. Tentunya dengan meminimalisir penggunaan plastic dan tidak membuang sampah sembarangan. Apa yang dapat saya lakukan?

Diperkirakan setiap orang dari penduduk dunia menggunakan kurang lebih kantong plastik setiap tahunnya. Bisa kita bayangkan, kantong plastik pertama diperkenalkan pada tahun an dan hingga saat ini belum ada kantong plastik yang berhasil terurai oleh alam. Meanwhile, local governments have moved ahead of the central government.

Hal tersebut akan menimbulkan berbagai penyakit kanker dan malfungsi pada sistem tubuh manusia. Selain itu, kegiatan dari Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik adalah pay4plastic, yakni dorongan kepada pemerintah, pelaku ritel dan masyarakat agar plastik tidak diberikan secara gratis sehingga masyarakat mau membawa reusable bag sendiri.

Namun, tas dengan bahan nylon dapat dilipat lebih kecil dari ukuran lipatan 4 x 2 x 6 cm hingga 5 x 2 rahyang greeneration diet kantong plastik 11 cm serta daya tahannya lebih kuat daripada laken. Mereka terbawa angin, terseret air, ditendang dan diinjak orang. Hal inilah yang menurut Nadine masih harus dibicarakan lebih matang antara berbagai pihak, pemerintah, pengusaha, hingga lembaga lain terkait lingkungan hidup.

Di Jakarta saja, dari ton sampah yang dihasilkan setaip harinya, lebih separuhnya adalah sampah plastik.

Dialog: Kantong Plastik di Peritel Tidak Gratis Lagi

Untuk menyadarkan masyarakat atau merubah perilaku masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, digunakan teori perubahan yang dikemukakan oleh Rogers E. Greeneration Indonesia, sebuah wirausaha sosial berbasis lingkungan kemudian mencetuskan tren gaya hidup ramah lingkungan dengan mengurangi pemakaian kantong plastik lewat produknya yang dinamai tas baGoes.

Hal ini digagas pertama kali oleh Pemerintah Kota Banjarmasin yang telah menindaklanjuti uji coba kantong plastik berbayar sejak Bayangkan apa yang terjadi, karena plastik baru terurai dalam waktu ratusan tahun. Dalam hal ini penulis ingin menyarankan bahwa informasi mengenai bahaya dari kantong plastik seharusnya sudah di beritahukan sejak dini, karena bila diabaikan begitu saja kantong plastik bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan dan lingkungan kita.

Tidak hanya seminar mengenai budaya anti kantong plastik, setiap peserta yang hadir akan dihibur dengan acara kreasi botol bekas dan robot barang bekas. Plastik seperti ini banyak sekali berputar dan di konsumsi oleh masyarakat dengan kelas menengah kebawah yang cenderung memiliki tingkat pendidikan dan taraf kehidupan yang rendah, hal itu tentu berpengaruh pada perilaku mereka, banyak dari mereka yang tidak mengetahui bahaya dan ancaman apa yang akan terjadi jika mereka terus menerus menggunakan kantong plastik dengan kualitas sangat buruk yang kemudian setelah mereka pergunakan mereka akan membuangnya di sembarang tempat tanpa memikirkan waktu yang di butuhkan untuk plastik tersebut untuk terurai maksimal sehingga semakin hari sampah-sampah plastik tersebut semakin bertambah, menumpuk dan mencemari lingkungan kita, bahkan banyak juga dari mereka yang menggunakan plastik tersebut sampai berulangkali.

Kebiasaan menggunakan kantong plastik memang sudah lama menjadi kebiasaan buruk tak hanya warga Jakarta, tetapi hampir semua kota di tanah air. Yang pertama ialah tas berbahan laken spunbond tissue, berasal dari sisa-sisa kain yang di press.

Dan kemudian kita menggunakannya dalam hitungan menit, hanya untuk dibuang dan membiarkannya selama tahun. Petisi pay4plastic kemudian dilirik oleh salah satu merek kecantikan dunia yang telah mempraktekan bisnis yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, The Body Shop Indonesia, dengan mengumpulkan dukungan konsumen melalui gerai-gerainya seluruh Indonesia.

Untuk itu kurangilah penggunaan kantong plastik sekarang juga. Perusahaan ritel tersebut akan menyediakan tas Bagoes yang dijual dengan harga Rp 30 ribu.

Beberapa jenis kantong plastik yang kita gunakan justru sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan kita, terutama kantong-kantong plastik sekali pakai yang terbuat dari bahan daur ulang plastik lainnya yang tidak jelas riwayat penggunaannya, plastik seperti ini bisa saja berasal dari bekas wadah limbah berbahaya seperti pestisida dan logam berat, limbah rumah sakit atau kotoran hewan, yang lebih menakutkan proses daur ulang kantong plastik ini kerap menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Akibatnya sampah kantong plastik tersebut menumpuk di sungai, menyumbat saluran air, dan teronggok di pantai.Greeneration meluncurkan program diet kantong Diet Kantong Plastik dalam setahun Circle K bisa menghemat hingga 8 juta kantong plastik," ujar Rahyang.

Pegiat Lingkungan dari Indonesia Raih Penghargaan Whitley Award 2019

Diet kantong plastik dapat dimulai dari individu, peritel hingga organisasi profit dan non-profit. Ayo pilih hal yang bisa dilakukan! oleh Rahyang Nusantara. Hadir sejumlah narasumber Tutum Rahanta, Wakil Ketua Umum Aprindo dan Rahyang, Koordinator Nasional Diet Kantong Plastik.

TAG: sampah plastik diet kantong plastik. ยท Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik telah berbelanja di ritel atau supermarket akan dikenakan biaya Rp per kantong plastik.

Menurut Rahyang. maskot Diet Kantong Plastik (Sumber: Dokumentasi Rahyang Rahyang Nusantara | @dewa_rahyang Media Informasi Kampanye Diet Kantong Plastik Greeneration Author: Rahyang Nusantara. Membuat inovasi dengan menciptakan tas Bagoes | tas spunbond "Jika tidak menggunakan kantong plastik, maka konsumen secara otomatis telah melakukan donasi bagi.

Rahyang greeneration diet kantong plastik
Rated 0/5 based on 53 review