Sop penimbangan berat badan lansia

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat seperti beras, jagung, gandum, ubi, roti, singkong dll, selain itu dalam bentuk gula seperti gula, sirup, madu dll.

Dari data tersebut dapat diketahui bahwa dari ke empat Posyandu tersebut cakupan penimbangan balita yang paling rendah terdapat pada poyandu. Roti Siang: Tingkat pendidikan turut pula menentukan mudah tidaknya seseorang menyerap dan memahami pengetahuan yang mereka peroleh,pada umumnya semakin tinggi pendidikan seseorang semakin baik pula pengetahuannya.

Ada yang menyelenggarakan posyandu lansia sistem 5 meja seperti posyandu balita, ada juga hanya menggunakan sistem pelayanan 3 meja, dengan kegiatan sebagai berikut: Jarak posyandu yang dekat akan membuat lansia mudah menjangkau posyandu tanpa harus mengalami kelelahan atau kecelakaan fisik karena penurunan daya tahan atau kekuatan fisik tubuh.

Tekanan darah meningkat Pemeriksaan fisik: Pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter dan stetoskop serta penghitungan denyut nadi selama satu menit.

Kelompok zat pembangun Kelompok ini meliputi makanan — makanan yang banyak mengandung protein, baik protein hewani maupun nabati, seperti daging, ikan, susu, telur, kacang- kacangan dan olahannya.

Tingkat Pendidikan Pendidikan yang tinggi dipandang perlu bagi kaum wanita, karena tingkat pendidikan yang tinggi maka mereka dengan mudah mendapatkan solusi tentang kesehatan mereka, dibandingkan dengan seorang wanita yang pendidikannya sangat rendah.

pelayanan-kesehatan-lansia

Turgor kulit menurun Lansia kurang akurat Perilaku: Kegemukan merupakan salah satu pencetus berbagai penyakit, misalnya: Jumlah yang datang bulan ini tidak dating bulan lalu O 6. Penyerapan makanan di usus menurun. Meja III: Buku Saku Gerontologi.

Pekerjaan yang ditekuni seorang ibu memiliki hubungan mendatangkan pengetahuan tentang suatu hal baru baik yang berhubungan dengan pekerjaan itu sendiri maupun mengenai hal-hal yang lain.

Soetjiningsih, Kia 4. Refference, antara lain: Mata cekung d. Edisi 4. Minyak goreng, minyak ikan, margarin, kelapa, kelapa parut, santan, lemak daging. Bilas selang sonde dengan air hangat terlebih dahulu.

Anjurkan pasien untuk minum paling sedikit 8 gelas cairan setiap hari untuk melembutkan feses. Air sangat besar artinya bagi tubuh kita, karena air membantu menjalankan fungsi tubuh, mencegah timbulnya berbagai penyakit disaluran kemih seperti kencing batu, batu ginjal, dll.

Daging sapi, daging ayam, hati, babat, usus, telur, ikan, udang. Umur adalah variabel yang selalu diperhatikan didalam penyelidikan-penyelidikan epidemiologi. Usia pertengahan middle age yaitu antara usia 45 — 59 tahun 2.

Pemeriksaan status mental. Terdapat beberapa kategori pada penyelenggara posyandu lansia, yaitu terdiri dari pelaksana kegiatan dan pengelola Posyandu. Selaraskan kecepatan pemberian makan dengan kesiapan pasien, tanyakan pemberian makan terlalu cepat atau lambat. Sedangkan pengelola posyandu, adalah pengurus yang dibentuk oleh ketua RW yang berasal dari keder PKK, tokoh masyarakat formal dan informal serta kader kesehatan yang ada di wilayah tersebut Tujuan, Mekanisme dan Bentuk Pelayanan Posyandu Lansia Secara garis besar, menurut Depkes RItujuan pembentukan posyandu lansia sebagai berikut: Air mineral atau air putih lebih baik daripada kopi, teh kental, softdrink, alkohol, es, maupun sirup dan dianjurkan minimal kita minum air putih 1.

Pedoman pelatihan kader kelompok usia lanjut bagi petugas kesehatan. Peningkatan BB lebih dari 0. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Berat badan lahir bayi meningkat 2 kali ketika usia 5 bulan. Adapun prinsip pemberiannya adalah sebagai berikut: Sumber informasi kesehatan biasanya berasal dari petugas kesehatan maupun media massa.

Nasi, bubur beras, nasi jagung, kentang, singkong, ubi, talas, biskuit, roticrakers, maizena, tepung beras, tepung terigu, tepung hunkwe, mie, bihun. Sedangkan pendapat Abu Ahmadi mengatakan bahwa bertambahnya umur seseorang dapat berpengaruh pada pertambahan pengetahuan yang diperolehnya, akan tetapi pada umur tertentu kemampuan untuk menerima atau mengingat sesuatu pengetahuan akan berkurang Ahmadi, Kendala Pelaksanaan Posyandu Lansia Beberapa kendala yang dihadapi lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu antara lain:Sementara mekanisme Pelayanan Posyandu Lansia hanya menggunakan sistem pelayanan 3 meja, dengan kegiatan sebagai berikut: Meja I, meliputi kegiatan pendaftaran lansia, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan.

Meja II, meliputi kegiatan pencatatan berat badan, tinggi badan, Indeks Massa Tubuh (IMT). sop menimbang berat badan Narita Aprilia Lampiran 1 SOP MENIMBANG BERAT BADAN A. Tujuan: Mengetahui berat badan B.

Sasaran: Petugas medis C. Sarana: 1. 2) MEJA 2: PENIMBANGAN Kader melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah 3) MEJA 3: PENCATATAN: Pencatatan (Pengisian Kartu Menuju Sehat). Kader melakukan pencatatan di KMS lansia meliputi: Indeks Massa Tubuh, tekanan darah, berat badan, tinggi badan.

Meja I: pendaftaran lansia, pengukuran dan penimbangan berat badan dan atau tinggi badan; Meja II: Melakukan pencatatan berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh (IMT). Pelayanan kesehatan seperti pengobatan sederhana dan rujukan kasus juga dilakukan di meja II ini. Penimbangan Berat Badan a.

Penimbangan BB dilakukan secara teratur minimal 1 minggu sekali, waspadai peningkatan BB atau penurunan BB lebih dari Kg/minggu.

Peningkatan BB lebih dari Kg dalam 1 minggu beresiko terhadap kelebihan berat badan dan penurunan berat badan lebih dari Kg /minggu menunjukkan kekurangan berat badan. b.

SOP Penimbangan Serentak, Makanan Pendamping Air Susu Ibu Baduta Gakin ,Perawatan Gizi Buruk

Sep 21,  · Memantau pertumbuhan berat badan balita dengan menggunakan kartu menuju sehat b. Memberikan konseling gizi c. Memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar Anak balita adalah anak usia bulan Indikator yang dilihat dalam posyandu balita adalah: 1.

Jumlah sasaran (s) 2. Jumlah ditimbang (D) 3. Jumlah naik berat badannya (N) 4.

Sop Posyandu Lansia
Sop penimbangan berat badan lansia
Rated 0/5 based on 92 review